Jajaran Kemenag Kubar Ikuti Arahan Menag Di Rakornas 2023 Secara Virtual

Jajaran pegawai Kantor Kemenag Kubar mengikuti Rakornas 2023 secara Virtual , (4/2)

Kutai Barat (Humas)– Rapat kerja Nasional Kementerian Agama RI tahun 2023 resmi dibuka Menag Yaqut Cholil Qoumas Sabtu, (4/2). Kegiatan ini melibatkan seluruh satuan kerja termasuk jajaran Satker Kantor Kementerian Agama kabupaten Kutai Barat. Beberapa pegawai di hari pertama kegiatan menyimak bersamaan di aula Kantor Kemenag Kubar didampingi kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam H. Ikran, S.Ag. Sementara pegawai lain bisa mengikuti virtual ditempatnya masing-masing. Berdasar jadwal, Rakornas dilaksanakan selama dua hari (4-5 Februari 2023) dengan mendengarkan berbagai arahan narasumber yang telah diapkan panitia kegiatan.

Arahan Menteri Agama meliputi keinginannya agar seluruh jajarannya benar-benar berkomitmen menghilangkan praktek KKN. Jangan ada fraud dalam pengadaan barang dan jasa. Jangan ada praktek transaksional dalam promosi, rotasi, dan mutase jabatan, tegas gus Men panggilannya akrabnya. Pimpinan Saker harus menjadi tauladan, secepatnya membuat surat edaran apapun bentuknya yang intinya melarang jajarannya untuk tidak melakukan praktek kurupsi.

Pratek titip absen segera hilangkan, bagi siswa madrasah maupun  mahasiswa tidak melakukan praktek mencontek saat ujian serta hindarkan meneriam atau memberi suap.

Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia pada tahun 2022 mengalami penurunan. Semula dari angka 34 turun ke level 38. Semua jajaran Kemenag patut berkontribusi menhilangkan praktik Korupsi ini disetiap birokrasi agar segera terkikis habis dan hilang.

Berkenaan dengan transformasi digital, Gus Men  minta agar dilakukan percepatan implementasi. Kebijakan sitem pemerintah berbasis elektronik (SPBE) dan satuan data harus ditingkatkan kualitas implementasinya. Menag mencontohkan , target sertifikasi halal mencapai 10 juta pada tahun 2024 bukanlah suatu pekerjan mudah. Untuk mencapainya perlu semangat kerja yang luar biasa tentunya.

“ BPJH agar fokus, Kerahkan semua SDM pada upaya digitalisasi dan percepatan pencapaian target. Sementara ini batasi perjalanan luar negeri, dan pastikan peaku UMK trarfirmasi oleh sehati,” ujarnya.

Setidaknya dalam satu bulan terjadi pergerakan 100 ribu proses sertifikasi halal, hal ini perlu dicoba dan pikirkan  caranya. Contoh, setiap produk makanan dikantin madrasah , PTKIN, kantor dan lainnya bisa bersertifikasi halal.

Menghadapi tahun politik Menag berharap jajarannya ikut berupaya dalam mencegah politisasi agama dirumah ibadahdan lingkungan masyarakat. Menjadi tugas ASN Kemenag untuk memastikan kerukunan umat tetap terjaga baik. Untuk itu Menag mendeklarasikan tahun 2023 sebagai tahun kerukunan umat beragama, tandasnya. (ed)

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *