Kemenag Kubar Gelar Bimbingan Jemaah Haji Reguler 2023

Pembukaan kegiatan manasik haji sepanjang tahun Kantor Kemenag Kubar

Kutai Barat (Humas)-Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kutai Barat gelar bimbingan jemaah haji Kabupaten Kutai Barat tahun keberangkatan 2024. Memang belum ada kepastian berapa jumlah resmi yang akan diberangkatan, namun setidaknya 83 jemaah haji Kubar tengah dipersiapkan pergi ke tanah suci tahun depan. Kegiatan yang dipandu PHU Kemenag Kubar ini dibuka kegiatannya oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam H. Ardiansyah, S.Ag, beliau mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kutai yang berhalangan hadir karena tugas lain di luar daerah.

Kebijakan pemerintah akan keberangkatan haji dijelaskan oleh H. Ardiansyah pada kesempatan ini, dimana jemaah haji Kubar harus mematuhi segala syarat dan ketentuan pelaksanaan haji.

Syarat haji wajib dimiliki jemaah meliputi kemampuan materi untuk berangkat haji, kemapuan kesehatan fisik dan mental serta kecukupan bagi keluarga yang ditinggalkan pergi ibadah haji.

Oleh karenanya jemaah harus memahami alur keberangkatan haji, mulai dari pelunasan biaya, kelayakan kesehatan serta rukun ibadah haji yang wajib dilakukan.

Untuk materi kesehatan  Kemenag mengundang Dinas Kesehatan Kubar untuk memberikan penjelasan kepada jemaah, sementara terkait ibadah haji yang wajib dilakukan dijelaskan ketua MUI Kubar KH. Ahmad Asrori selaku pemateri.

Tidak lupa tata tertib perjalanan haji juga disampaikan pada kesempatan ini dengan mengundang narasumber dari Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Barat.

Bimbingan seperti ini wajib diberikan kepada  seluruh jemaah dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada mereka apa saja persiapan yang harus dilakukan jelang pelaksanaan ibadah haji.

Bersyukur banyak calon jemaah haji Kubar yang mengikuti kegiatan ini, setidaknya mereka benar-benar menyiapkan keberangkatan mereka ke tanah suci di tahun depan. (ed)

.

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *